PERPUSTAKAAN

Universitas Muhammadiyah Metro

  • Beranda
  • Profil
    Sejarah Visi Misi Struktur Organisasi Pustakawan Informasi Berita FAQ
  • Layanan
    Pinjam Koleksi Bebas Pustaka Usul Koleksi
  • e-Resources
    E-Journal eBooks
  • Research Tools
    Tools
  • Masuk
    Area Anggota Pustakawan Pengunjung
  • Indonesiana
    • Batavia Digital
    • Candi-Candi Indoesia
    • Dokumentasi Film Indonesia
    • Dokumentasi Sastra Indonesia
    • Perpustakaan Presiden
    • Kraton Nusantara
    • Manuskrip Nusantara
    • Warisan Indonesia
    • Perpustakaan Pangeran Diponegoro
    • Perpustakaan Jendral Sudirman
    • Perpustakaan Tokoh Film
    • Harta Karun Perpustakaan Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    • E-Resources Perpusnas RI
    Cari
    • Indonesia One Search
    • Pencarian dari DDC
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Kepustakaan Nasional Indonesia
    • Katalog Nasional
    Peralatan
    • Mendeley
    • Publish Or Perish
    • VOSviewer
    Sumber Pembelajaran
    • Perpustakaan Digital
    • TED
    • Google Experiments
    • Sumber Belajar Kemendikbud
    • Buku Elektronik
  • FAQ
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
➤

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektifitas pembelajaran pola pendidikan sistem ganda
Penanda Bagikan

Text

Efektifitas pembelajaran pola pendidikan sistem ganda

Surachim, Ahim - Nama Orang;

Perubahan pembelajaran di SMK dari pola lama yang biasa dilakukan I "^ (conventional) ke pola pendidikan sistem ganda (dual responsibility), pada JL dasarnya merupakan suatu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran agar tujuan dapat dicapai secara terstandar. Antara lain dilakukan dengan mengubah perilaku/kebiasaan mengajar guru sebagai penguasa kelas agar adaptif dengan tuntutan perubahan pembelajaran, serta ketersediaan fasilitas sebagai alat bantu pembelajaran. Efektivitas pembelajaran tercermin dari kontribusi masing-masing pihak yang terlibat, yaitu pendidik sebagai fasilitator pembelajaran, kemampuan dan motivasi peserta didik dalam belajar, serta penggunaan fasilitas yang bisa memperlancar proses pembelajaran, mencerminkan kerjasama yang sinerjik antara pendidik, peserta didik, dan sumber belajar sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing, mencerminkan peran masing-masing komponen yang terintegrasikan dalam suatu sistem, sehingga secara nyata menunjukkan kebermaknaan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

SMK sebagai institusi pendidikan yang dipercaya pemerintah dan masyarakat harus efektif menghasilkan lulusan/tenaga kerja sesuai dengan tuntutan perubahan kebutuhan, tenaga kerja berkualitas seperti yang diinginkan masyarakat dan dunia kerja khususnya. Pendidikan Sistem Ganda di SMK harus mencerminkan layanan pembelajaran yang sesuai dengan harapan masyarakat, secara terstandar memenuhi perkembangan kebutuhan dunia kerja. Efektivitas Pendidikan Sistem Ganda adalah upaya menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan kerja sesuai dengan bidang keahlian yang diminatinya, suatu pembelajaran yang secara dinamis merujuk kepada perubahan/perkembangan kebutuhan tenaga kerja. Pola Pendidikan Sistem Ganda sebagai alternatif pembelajaran di SMK dituntut efektif menghasilkan lulusan yang siap bersaing memasuki dunia kerja, memenangkan persaingan untuk mengisi berbagai lowongan pekerjaan.


Ketersediaan
#
Cadangan (Cadangan) 371.36 Sur e c.1
28252
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca Di Tempat
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.36 Sur e c.2
28253
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.36 Sur e c.3
28254
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.36 Sur e c.4
28255
Tersedia
#
Sirkulasi (Rak 4) 371.36 Sur e c.5
28256
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.36 Sur e
Penerbit
Bandung : Alfabeta., 2016
Deskripsi Fisik
xviii, 254 hal. : il. ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786022892229
Klasifikasi
371.36
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subjek
Metode Pembelajaran
Pendidikan Sistem Ganda
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN
NPP: 1872042D2000001

Layanan

Cek Pinjaman Buku Form Usulan Buku

Link Terkait

Website UM Metro Perpustakaan UM Metro Repository Repository Dosen e-Journal UM Metro Garuda Kemdikbud Digilib Um Metro

Jam Pelayanan

  • Senin-Kamis 07.30-15.30
  • Jumat 07.30-11.30
  • Sabtu-Minggu Libur

Hubungi Kami


© 2025 — Perpustakaan UM Metro
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
  • Akuntansi
  • Penelitian
  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?