Text
Efektifitas pembelajaran pola pendidikan sistem ganda
Perubahan pembelajaran di SMK dari pola lama yang biasa dilakukan I "^ (conventional) ke pola pendidikan sistem ganda (dual responsibility), pada JL dasarnya merupakan suatu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran agar tujuan dapat dicapai secara terstandar. Antara lain dilakukan dengan mengubah perilaku/kebiasaan mengajar guru sebagai penguasa kelas agar adaptif dengan tuntutan perubahan pembelajaran, serta ketersediaan fasilitas sebagai alat bantu pembelajaran. Efektivitas pembelajaran tercermin dari kontribusi masing-masing pihak yang terlibat, yaitu pendidik sebagai fasilitator pembelajaran, kemampuan dan motivasi peserta didik dalam belajar, serta penggunaan fasilitas yang bisa memperlancar proses pembelajaran, mencerminkan kerjasama yang sinerjik antara pendidik, peserta didik, dan sumber belajar sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing, mencerminkan peran masing-masing komponen yang terintegrasikan dalam suatu sistem, sehingga secara nyata menunjukkan kebermaknaan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
SMK sebagai institusi pendidikan yang dipercaya pemerintah dan masyarakat harus efektif menghasilkan lulusan/tenaga kerja sesuai dengan tuntutan perubahan kebutuhan, tenaga kerja berkualitas seperti yang diinginkan masyarakat dan dunia kerja khususnya. Pendidikan Sistem Ganda di SMK harus mencerminkan layanan pembelajaran yang sesuai dengan harapan masyarakat, secara terstandar memenuhi perkembangan kebutuhan dunia kerja. Efektivitas Pendidikan Sistem Ganda adalah upaya menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan kerja sesuai dengan bidang keahlian yang diminatinya, suatu pembelajaran yang secara dinamis merujuk kepada perubahan/perkembangan kebutuhan tenaga kerja. Pola Pendidikan Sistem Ganda sebagai alternatif pembelajaran di SMK dituntut efektif menghasilkan lulusan yang siap bersaing memasuki dunia kerja, memenangkan persaingan untuk mengisi berbagai lowongan pekerjaan.
Tidak tersedia versi lain