Text
Branding : memahami dan merancang strategi merk
Merek bukan sekadar sebuah nama, bukan juga sekadar sebuah logo atau
simbol. Merek merupakan cerminan nilai yang diberikan pada pelanggan
berupa kualitas fisik dan nonfisik dari suatu entitas. Dalam hal ini, pemasar
memiliki banyak pilihan tentang jumlah dan sifat dari unsur merek yang
dapat digunakan dalam menciptakan sebuah merek untuk mengidentifikasi
produknya.
Dalam mengevaluasi strategi arsitektur merek, dapat dikemukakan
beberapa pertanyaan: apa saja peran portofolio merek; apakah merek
memiliki potensi untuk dibuat ekstensi merek; apa keuntungan dari
pengaturan merek yang berbeda. Setiap merek harus mempertimbangkan
empat perspektif identitas merek dan menggunakannya untuk membantu
mengartikulasi seperti apa merek tersebut seharusnya berada di benak
pelanggan. Untuk mempelajari bagaimana pelanggan berpikir, merasakan,
serta bertindak terhadap merek, maka pemasar harus terlebih dahulu
melakukan audit merek agar dapat membuat keputusan strategis.
Buku ini memandu pembaca dalam membangun sebuah merek yang kuat
dan tertanam di benak konsumen, mulai dari pemahaman akan perbedaan
merek dan produk, apa saja yang di-branding, unsur-unsur pembentuk
merek, strategi branding hingga bagaimana mengukur ekuitas merek.
Merek yang diangkat sebagai studi kasus dalam buku ini didominasi oleh
merek-merek lokal maupun merek global yang akrab di masyarakat
Indonesia. Buku ini relevan untuk semua jenis organisasi terlepas dari
ukuran, sifat bisnis, atau orientasi keuntungan.
Tidak tersedia versi lain