Text
Manajemen pendidikan : suatu pengantar praktik
Abad sekarang adalah abad manajemen. Mengkaji manajemen berarti mengkaji tentang pemberdayaan sumber daya dan pengelolaan sumber daya dengan proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Tak dapat dipungkiri bahwa setiap komponen sistem dalam penyelenggaraan lembaga harus berproses, tak terkecuali manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan merupakan jantung penyelenggaraan pendidikan. Manager pendidikan harus menguasai dan mampu mengimplementasikan manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan adalah suatu proses keseluruhan semua kegiatan bersama dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia, baik personil, material, maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan. Manajemen pendidikan yang diterapkan di lingkungan internal sistem persekolahan hanyalah sebagian dari tanggung jawab kepala sekolah sebagai manajer pendidikan.
Buku ini membahas tiga bidang kajian besar yang dikaji dalam ilmu manajemen pendidikan, yaitu manajemen pendidikan, supervisi pendidikan, dan kepemimpinan pendidikan. Substansi manajemen pendidikan mencakup manajemen peserta didik; manajemen kurikulum dan pembelajaran; manajemen sumber daya manusia pendidikan; manajemen sarana dan prasarana pendidikan; manajemen keuangan sekolah; dan manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat. Topik yang dibahas dalam bab supervisi pendidikan adalah teknik-teknik supervisi pendidikan; pendekatan supervisi pendidikan; dan supervisi pendidikan berdasarkan pandangan psikologi. Topik yang dibahas dalam bab kepemimpinan pendidikan adalah teori munculnya pemimpin; pengertian kepemimpinan; unsur, fungsi, dan prinsip kepemimpinan; konsep dasar kepemimpinan pendidikan; tipe dan gaya kepemimpinan; pendekatan kepemimpinan; dan kepala sekolah yang efektif.
Tidak tersedia versi lain