Text
Konsep dasar Bimbingan Kelompok
Pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah dari satuan tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi dewasa ini semakin dibutuhkan. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai persoalan pun muncul dengan segala kompleksitasnya. Dunia pendidikan tampaknya belum sepenuhnya mampu menjawab berbagai persoalan akibat perkembangan IPTEK, indikaisnya adalah muncul berbagai penyimpangan perilaku di kalangan peserta didik yang seyogyanya tidak dilakukan oleh seorang atau orang yang disebut terdidik. Selain itu, potensi siwa sebagai individu seperti bakat, minat, cita-cita dan lain sebagainya juga belum terkembangkan dan pembelajaran di kelas.
Guna memecahkan persoalan di atas, proses pendidikan dan pembelajaran perlu bersinergi dengan pelayanan bimbingan dan konseling. Optimalisasi pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah perlu dilakukan, sehingga pelayanan bimbingan dan konseling kepada para siswa benar-benar memberikan kontribusi pada upaya
Tidak tersedia versi lain