Text
Sistem pemikiran manajemen pendidikan : alternatif memecahkan maslah pendidikan
Landasan filosofis manajemen pendidikan artinya hakikat manajemen pendidikan yang menjadi objek pemikiran dan penelitian, serta berkaitan dengan sumber pengetahuan yang menjadi dasar timbulnya menajemen pendidikan sebagai ilmu pengetahuan yang dikaji secara mendalam. Secara epistemologi, manajemen pendidikan adalah sistem pengetahuan yang menyajikan pola dan model pengelolaan lembaga dan sebagai aktivitas yang dijalani oleh para pengelola lembaga pendidikan. Dengan demikian, dalam manajemen pendidikan, pengelolaan lembaga pendidikan dilakukan untuk kepentingan peserta didik sehingga tercapai tujuan pendidikan sesuai dengan rencana yang telah disepakati. Adapun secara ontologis, manajemen pendidikan berfungsi mengembangkan manfaat pengelolaan lembaga pendidikan dengan cara yang efektif, efisien, modern, teknologis, dan berkesinambungan demi tercapainya tujuan pendidikan yang optimal.
Praktik manajemen pendidikan memungkinkan tenaga pendidik memiliki pengetahuan berbeda untuk mencapai tujuan yang sama secara produktif dan mampu menghasilkan sesuatu yang signifikan bagi pendidikan. Dengan demikian, praktik manajemen pendidikan yang berdasarkan pada teori yang tepat dapat membuat beragam pengetahuan yang berbeda, yang dimiliki oleh orang yang berbeda, menjadi efektif dan produktif. Berkembanganya praktik manajemen pendidikan mengubah pengetahuan para pengelola pendidikan dari ornamen sosial menjadi modal utama untuk ekonomi pendidikan.
Buku Sistem Pemikiran Manajemen Pendidikan dapat menjadi salah satu alternatif literatur bagi pendidik dan tenaga kependidikan, serta mahasiswa manajemen pendidikan, dan masyarakat pada umumnya dalam upaya mengembangkan kemampuan untuk memahami dan memecahkan masalah pendidikan. Buku ini menyajikan dinamika pemikiran sistem manajemen pendidikan; epistemologi asas-asas dan fungsi manajemen pendidikan; kerangka dasar filosofis manajemen pendidikan; dimensi filsafat ilmu sebagai dasar manajemen pendidikan; paradigma keilmuan manajemen pendidikan berbasis filsafat; filosofi pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, dan reformasi manajemen pendidikan, sebagai alternatif pemecahan masalah pendidikan.
Tidak tersedia versi lain