Text
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi
Salah satu komponen yang seringdijadikan sasaran penyebab menurunnya mutu pendidikan adalah kurikulum. Kesan yang muncul di masyarakat adalah setiap ganti menteri pasti ganti kurikulum; padahal kurikulum yang terdahulu belum tersosialisasi secara merata, tiba-tiba diganti dengan yang baru. Artinya, setiap inovasi pendidikan atau pembelajaran perlu sosialisasi yang merata dan terus menerus, mencakup tidak hanya dimensi-dimensi praktis-operasional, tetapi juga landasan-landasan konseptual filosofisnya.
Oleh karena itu, pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). sebagai salah satu perwujudan pengembangan sistem pendidikan Islam, harus memilki vis, misi, tujuan, program kegiatan maupun praktik pelaksanaan pendidikan yang jelas. Sebab, di tengah pesatnya berbagai inovasi pendidikan, terutama dalam konteks pengembangan kurikulum, para guru PAI sering merasa kebingungan dalam mengaplikasikannya. Apalagi saat ini di kalangan Perguruan Tinggi Agama Islam sedang ramai memperbincangkan maslah pengembangan K
Tidak tersedia versi lain