Text
Kurikulum dan pembelajaran pendidikan agama Islam
Kurikulum merupakan komponen yang urgen dalam pendidikan, sebab akan menjadi panduan yang akan memandu dan membawa ke arah mana pendidikan itu ke depan. Dengan kurikulum proses pendidikan akan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, maka kurikulum menjadi "kitab suci"-nyapendidikan.
Intinya dari pendidikan adalah pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya pembelajaran. Karena itu, antara pendidikan dan pembelajaran tidak dapat dipisahkan, keduanya bak dua sisi mata uang logam. Karena pembelajaran merupakan pelaksanaan dari kurikulum itu sendiri. Kurikulum tidak akan sampai kepada peserta didik tanpa melalui proses pembelajaran. Pembelajaran menjadi aktualisasi dari kurikulum yang bersifat konseptual, yang tertulis dalam dokumen.
Secara umum buku ini membahas hal-hal yang terkait dengan kurikulum dan pembelajaran mencakup:
1. Konsep kurikulum
2. Pengembangan Kurikulum
3. Kurikulum tingkat satuan pendidikan
4. Konsep belajar dan pembelajaran
5. Motivasi dan prestasi belajar
6. Pendekatan dan metode pembelajaran pendidikan agama islam
7. Media dan sumber pembelajaran
8. Pendidikan agama Islam di sekolah
9. Pendekatan keterampilan proses
10. Strategi pembelajaran kooperatif
11. Strategi pembelajaran kontekstual
12. Strategi pembelajaran guided note taking dan PQ4R
Tidak tersedia versi lain