Text
The comparison of using role play and roundtable technique toward speaking ability at students of SMA N 1 Seputih Raman academic year 2012/2013
PERBANDINGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAY DAN
ROUNDTABLE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA
SISWA-SISW A SMA NEGERI1 SEPUTIH RAMAN
TAHUN AKADEMIK 2012/2013
Oleh
Ni Kadek Dwi Elistiani Program Studi Bahasa Inggris
e-mail: kadek2elis@gmail.com
Abstrak
Berbicara sebagai salah satu dari 4 kemampuan yang selalu menjadi bagian dari silabus dalam pengajaran bahasa Inggris. Teknik-teknik yang dihadirkan sebagai solusi dalam penelitian tentang kemampuan berbicara adalah teknik role play dan roundtabie. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara teknik role play dan roundtable terhadap kemampuan berbicaia siswa. (2) Apakah tekuik role play efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adaiah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah desain dua grun pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas XI SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah yang terdiri dari 7 kelas dan total populasinya adalah 210 siswa. Sampel peneliiian ini ada 60 siswa, 30 siswa dari kelas XIIPS1 (kelas kontrol) dan 30 siswa dari XI IFS3 (kelas eksperimen). Untuk mengakumulasl data variabei teknik role play dan roundtable, peneliti rnenggunakan instrumen dalam bentuk pre-test dan post-test. Dalam tes instrumen, peneliti melakukan tes validitas dengan menggunakan validitas isi dan tes reliabilitas menggunakan inter-rater. Untuk melakukan tes hipotesis. peneliti menggunakan rumus t-test.
Dari peihitungan tes hipotesis, baik dalam signifikan level 0,05 dan 0,01 ttabei- dimana thitung = 6,614, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada peibedaan yang signifikan dalam menggunakan teknik role plav dan roundtable terhadap kemampuan berbicara siswa dan teknik role play lebih efektif dibandingkan dengan teknik roundtable terhadap kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Kata kunci: perbandingan, role play, roundtable, dan kemampuan berbicara
Tidak tersedia versi lain