Text
Cooperative learning : metode, teknik, struktur, dan model penerapan
Cooperative learning didefinisikan sebagai sekelompok kecil pembelajar
yang bekerja sama menyelesaikan masalah, merampungkan tugas, atau
menyelesaikan suatu tujuan bersama (Artz & Newman, 1990). Model
pembelajaran kooperatif mengharuskan siswa untuk bekerja sama dan
saling bergantung secara positif antarsatu sama lain dalam konteks
struktur tugas, struktur tujuan, dan struktur reward. Gagasan di balik
pembelajaran ini adalah bagaimana materi pelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat bekerja sama untuk mencapai
sasaran-sasaran pembelajaran.
Sejauh ini, tulisan-tulisan di Indonesia tentang pembelajaran kooperatif masih belum menjamah pada hal-hal yang bersifat teknis dan praktis, seperti pengembangan staf dan studi-studi aplikatif tentangnya. Tulisan-tulisan yang ada lebih banyak menawarkan teori dan metode, tanpa didukung oleh tahap-tahap langkah demi langkah bagaimana menerapkan pembelajaran kooperatif di ruang kelas. Akibatnya, pembelajaran ini dimaknai dengan salah kaprah yang pada akhirnya pula membuat penerapannya seringkali tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Buku ini merupakan ikhtiar untuk memberikan solusi atas permasalahan di
Tidak tersedia versi lain