Text
Analisis hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran problem based learning antara yang menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan LKS berbasis inkuiri bebas pada siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 1 Sukadana TP 2013/2014
ABSTRAK
Mugiyono, 2014. Analisis Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning antara yang Menggunakan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan LKS Berbasis Inkuiri Bebas pada Siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 1 Sukadana Tahun Pelajaran 2013/2014, Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Nyoto Suseno, M.Si (2) Dr. Hening Widowati, Msi
Kata Kunci: model Pembelajaran Problem Based Learning, LKS inkuiri terbimbing, LKS inkuiri bebas, hasil helajar.
Kegiatan pembelajaran hendaknya berpusat pada peserta didik (Student Centered), bukan berpusat pada guru (Teacher Centered). Guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi cenderang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga kurang merangsang aktivitas belajar siswa secara optimal yang menyebabkan hasil belajar rendah.
Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan LKS berbasis inkuiri terbimbing dan pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan LKS berbasis inkuiri bebas, (2) Untuk mengetahui hasil belajar yang lebih tinggi antara pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan LKS berbasis inkuiri terbimbing dan pembelajaran menggunakan PBL denganLKS berbasis inkuiri bebas, (3) Menganalisis faktor-faktor perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dan LKS berbasis inkuiri bebas.
Penelitian berupa penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian eksperimendan model rancangan Posttest-Only Control Design. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar biologi untuk siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan LKS Inkuiri terbimbing lebih tinggi (74,42) dari pada rata-rata hasil belajar siswa dari kelas yang menggunakan model PBL dengan LKS Inkuiri bebas (68,86). Dari data kualitatif diperoleh rata-rata persentase pembelajaran yang menggunakan pembelajaran model PBL dengan LKS Inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model pemebelajran PBL dengan LKS inkuiri bebas. Data dianalisis dengan uji persamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata.
Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan model PBL yang menggunakan LKS inkuiri terbimbing dan pembelajaran yang menggunakan PBL yang menggunakan LKS inkuiri bebas, pembelajaran yang menggunakan PBL dengan LKS inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan LKS inkuiri bebas, pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan LKS inkuiri terbimbing lebih terarah karena guru banyak memberikan bimbingan.
Tidak tersedia versi lain