Text
Desain sumber belajar biologi berbasis KPS (Keterampilan Proses Sains) berdasarkan eksperimen pengaruh variasi konsentrasi effective microorganism (EM4) terhadap pematangan kompos daun
DESAIN SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERBASIS KPS (KETERAMPILAN PROSES
SAINS) BERDASARKAN EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI KONSENTRASI
Effective Microorganism 4 (EM4) TERHADAP PEMATANGAN KOMPOS DAUN
Dwi Rahayu
Universitas Muhammadiyah Metro Lampung dwirahayu496@yahoo.co.id
Sumber belajar adalah semua media yang diorganisir melalui satu rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfatkannnya untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Rancangan sumber belajar yang di buat pada penelitian ini berupa desain sumber belajar dari hasil penelitian eksperimen pembuatan kompos daun dengan inokulan EM4,dengan mengambil salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan pada kurikulum 2013 yaitu pembelajaran berbasis proyek {Project Based Learning/PJBL). Eksperimen pembuatan kompos dari sampah daun menggunakan inokulan Effective Microorgnism 4 (EM4), diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan meningkatkan sikap anak akan menjadi peduli terhadap lingkungan, karena pembuatan kompos memakan waktu yang lama sehingga kurang efisien untuk mempercepat pematangan kompos perlu ditambahkan inokulan Effective Microorgnism 4 (EM4). Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui pengaruh variasi konsentrasi Effective Microorgnism 4 (EM4) terhadap pematangan kompos daun, (2) mengetahui konsentrasi Effective Microorgnism 4 (EM4) yang tepat pada pembuatan kompos daun, (3) mendesain sumber belajar biologi berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS). Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAL dengan 4 periakuan dan 3 kali ulangan. Periakuan yang diuji (1) pengaruh variasi Effective Microorgnism 4 (EM4) terhadap pematangan kompos daun (2) konsentrasi Effective Microorgnism 4 (EM4) yang tepat pada pembuatan kompos daun. Analisis statistik menggunakan Anava Variasi (ANAVA) Satu Arah, dan menggunakan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) untuk mengetahui periakuan yang secara signifikan berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh variasi Effective Microorgnism 4 (EM4) terhadap pematangan kompos daun dan pada konsentrasi EM4 20% menghasilkan kompos daun paling baik. Hasil dari penelitian ini dibuat desain sumber belajar belajar biologi berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS).
Kata Kunci: variasi konsentrasi EM4, pematangan kompos, desain sumber belajar.
Tidak tersedia versi lain