Text
Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dengan pendekatan keterampilan proses sains (KPS) kelas X pada pokok bahasan vermes TP 2015/2016
ABSTRAK
Handayani, Dwi. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) Kelas XPada Pokok Bahasan Vermes Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembinbing: (1) Dr. Agus Sutanto, M. Si, Pembimbing (2) Dr. Achyani, M.Si
Kata kunci: Pengembangan.. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Keterampilan Proses Sains (KPS)
Tujuan penelitian mengembangkan produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) diuji kelayakannya melalui uji ahli.
Prosedur penelitian model pengembangan perangkat oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel, Terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, and Desseminate, namun pada penelitian dan pengembangan ini, kegiatan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan.
Penilaian yang dilakukan yaitu kelayakan tampilan desain dan isi materi LKPD oleh para ahli, ahli bahasa dan tingkat keterbacaan LKPD oleh Peserta Didik. Hasil uji ahli aspek tampilan desain LKPD, kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 87,00%, Isi materi LKPD sangat layak dengan persentase sebesar 82,22%, bahasa LKPD kriteria sangat layak dengan persentase sebesar 86,25%, dan tingkat keterbacaan LKPD oleh Peserta Didik kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 86,48%.
Berdasarkan data hasil uji ahli dan uji Peserta Didik menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan siap untuk dijadikan sebagai saiah satu referensi bahan ajar biologi dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada pelajaran biologi materi Vermes.
Tidak tersedia versi lain