Text
Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMPN 18 Bandar Lampung TP 2014/2015
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARIPA
KELAS VIIISMPN 18 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Isnaina Dewi Nurul Janah
Universitas Muhammadiyah Metro Lampung
e-mail: dewinuruljanah@gmail.com
Abstrak, pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mampu mengkonstruks pengetahuan, sampai dengan mengkomunikasikan prinsip yang ditemukan dan mendorong peserta didik dalam mencari informasi melalui observasi bukan hanya diberi tahu. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA. 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, 3) Mengetahui interaksi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian dilakukan di SMPN 18 Bandar Lampung dari tanggal 23 Februari s/s 4 April 2015 dengan populasi 5 kelas berjumlah 170 peserta didik. Pengambilan sampel secara simple random sampling dari 5 kelas diperoleh 2 kelas yaitu VIII A dan VIII C, dari masing-masing kelas diambil 27 % dengan mengambil 9 peserta didik motivasi tinggi dan 9 peserta didik motivasi rendah berdasarkan hasil angket motivasi yang disebar. Uji coba instrumen dilaksanakan di kelas VIII D. Pengujian data menggunakan Analisis Varian (ANAVA). Hasil 1) Terdapat pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA. Hasil belajar IPA kelompok dengan pendekatan saintifik memiliki rerata 79,86 sedangkan di kelas kontrol dengan rerata 75,42 dengan selisih sebesar 4,44. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai signifikan 0,003 atau lebih kecil dari taraf signifikansi a = 0,05. Pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik peserta didik secara aktif melakukan beberapa aspek meliputi kemampuan mengamati sebesar 71,67%; menanya 60,00%; menalar 63,06%; menarik kesimpulan 64,72% dan kemampuan mengkomunikasikan 61,94%; 2) Terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar IPA. Rerata hasil belajar IPA peserta didik yang memiliki motivasi tinggi sebesar 80,69 dan rerata hasil belajar IPA yang memiliki motivasi rendah sebesar 74,58 dengan selisih sebesar 6,11. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai signifikan 0,028 atau lebih kecil dari taraf signifikansi a = 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap hasil belajar IPA; 3)Terdapat pengaruh antara pendekatan pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan ANAVA dua jalur diperoleh nilai signifikan 0,002 atau lebih kecil dari taraf signifikansi a = 0,05. Motivasi perlu dipertimbangkan dalam memberikan pendekatan pembelajaran. Pemberian pendekatan pembelajaran yang tepat pada peserta didik akan memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajarnya.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, motivasi, hasil belajar
Tidak tersedia versi lain