Text
Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik melalui kajian keanekaragaman hemiptera
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS
DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI KAJIAN
KEANEKARAGAMAN HEMIPTERA
YANTINARWELI
Magister Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro E-mail: vantinarweli88(S),gmail.com
Abstrak, Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Ensiklopedia dan LKPD berbasis lingkungan yang dapat meningkatkan kreati vitas dan hasil belajar IPA-Biologi pada kajian Keanekaragaman Hemiptera. Rancangan penelitian ini terdiri dari dua tahapan yaitu penelitian studi Keanekaragaman Hemiptera dilanjutkan dengan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Desain penelitian mengacu pada teori penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono dengan prosedur penelitian dimulai dari; potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan revisi produk. Hasil kelayakan perangkat ensiklopedia memperoleh nilai dengan persentase > 82% maka dinyatakan sangat baik. Produk LKPD memperoleh nilai kelayakan dengan persentase 80% maka dinyatakan sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kreativitas belajar peserta didik, nilai signifikan menunjukkan 0,03 < 0,05 artinya ada perbedaan signifikan penggunaan ensiklopedia dan LKPD terhadap kreativitas belajar. Nilai signifikansi hasil belajar sebesar 0,002 < 0,05 terdapat perbedaan signifikan hasil belajar terhadap penggunaan Ensiklopedia dan LKPD. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IP A Terpadu di SMPN 1 Gedongtataan.
Kata Kunci: studi keanekaragaman hemiptera, pembelajaran berbasis lingkungan, kreativitas belajar, hasil belajar, ensiklopedia, Lembar Kegiatan Peserta Didik
Tidak tersedia versi lain