Text
Pengembangan buku ajar berbasis lokal materi keanekaragaman laba-laba di Kota Metro sebagai sumber belajar alternatif biologi untuk siswa SMA kelas X
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS LOKAL MATERI
KEANEKARAGAMAN LABA-LABA DIKOTA METRO SEBAGAI SUMBER
BELAJAR ALTERNATIF BIOLOGIUNTUK SISWA SMA KELAS X
Erna Suwarni
Magister Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro e-mail: ernasuwarni@yahoo.co.id
Abstrak, Buku ajar merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Buku ajar berupa mated substansi pelajaran yang disusun secara sistematis menampilkan keutuhan dari kompetensi yang akan dikuasai oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Buku ajar dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran guna pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar berbasis lokal pada materi keanekaragaman laba-laba di Kota Metro sebagai sumber belajar alternatif biologi, mengetahui kualitas buku ajar berdasarkan kualifikasi materi, pedagogi, dan keterbacaan, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap buku ajar dan hasil kognitifhya.
Spesifikasi produk yang diharapkan dalam penelitian ini menghasilkan buku ajar yang berbasis lokal yang dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif biologi yang dapat mengukur hasil belajar secara kognitif. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan dkk, yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate.
Data yang diperoleh dari tes hasil belajar kognitif yang berupa tabulasi data dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, dan homogenitas dengan bantuan komputer program SPSS 16,0 sehingga dapat diketahui ada tidaknya perbedaan rata-rata hasil belajar pre test dan post test yang menggunakan buku ajar dan tidak menggunakan buku ajar dengan menggunakan uji t-test. Dari hasil perhitungan data menggunakan uji t-test didapat hasil rata-rata pada kelas kontrol yang tidak menggunakan buku ajar yaitu 7,03 dan pada kelas perlakuan yang menggunakan buku ajar didapat hasil rata-rata 8,10. Kesimpulan : buku ajar yang dihasilkan telah divalidasi oleh pengguna dan ahli pembelajaran layak digunakan. Serta terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas perlakuan.
Kata kunci: buku ajar, keanekaragaman, dan sumber belajar.
Tidak tersedia versi lain