Text
Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA Biologi berorientasi keterampilan proses sains (KPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP
ABSTRAK
Anjarwati, Sulis. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Biologi Berorientasi Keterampilan Proses Sains (KPS) imtuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dr. H. Nyoto Suseno, M. Si, Pembimbing (2) Dr. Agus Sutanto, M. Si.
Kata Kunci: LKPD, KPS, Hasil Belajar
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah panduan bagi peserta didik berisi tugas yang harus dikerjakan melalui kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah sehingga dapat melatih pengembangan aspek kognitif, psikomotor, dan afektif serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk: (1) memperoleh informasi awal tentang LKPD IPA Biologi yang telah dikembangkan di sekolah, (2) mengembangkan LKPD IPA Biologi berorientasi KPS, (3) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan LKPD IPA Biologi berorientasi KPS, (4) mengetahui tingkat keterbacaan terhadap LKPD IPA Biologi berorientasi KPS, dan (5) mengetahui kelemahan dan kelebihan LKPD yang dikembangkan, dan (6) mengetahui apakah LKPD IPA Biologi berorientasi KPS dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Metro pada tanggal 31 Maret 2015 sampai dengan 15 April 2015. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Sampel perlakuan di kelas VII E berjumlah 34 peserta didik. Parameter yang dihitung dan diamati yaitu hasil belajar peserta didik (tes kognitif, KPS, dan sikap sosial). Analisis yang digunakkan untuk: (1) tingkat kelayakan yaitu menggunakan teknik persentase, (2) tingkat keterbacaan menggunakan teknik persentase, dan (3) hasil belajar: (a) tes kognitif dalam penelitian ini menggunakan pendekatan T test dengan uji statistik Paired Samples T Test, (b) KPS menggunakan teknik persentase dan dikategorikan sesuai dengan kualifikasi, dan (c) sikap sosial menggunakan teknik range skor. Hasil penelitian: (1) tingkat kelayakan desain sebesar 88,15% dan kelayakan penyajian materi sebesar 89,63% dengan kriteria sangat layak, (2) tingkat keterbacaan peserta didik sebesar 83,89% dengan kriteria sangat baik, dan (3) hasil belajar: (a) tes kognitif diperoleh p-value = 0,00 lebih kecil dari nilai a = 0,05, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan LKPD terhadap hasil belajar peserta didik, (b) KPS masuk ke dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase sebesar 86.62%, dan (c) sikap sosial masuk ke dalam predikat sangat baik karena berada pada range skor 3.33 < skor < 4,00.
Tidak tersedia versi lain