Text
Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur TP 2013/2014
ABSTRAK
Mujiono. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dan Gay a Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XJIPA di SMA Negeri I Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd. Pembimbing (2) Dr. H. Agus Sujarwanta, M.Pd.
Kata Kunci: metode pembelajaran kooperatif, gaya belajar dan hasil belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar biologi siswa (2) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen rancangan faktorial 2x2 dan penyajian data secara deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri I Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa, (I) Terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar biologi siswa. Hasil perhitungan menunjukkan Fhitung = 4,797 > F^ = 4,15, sehingga Hi diterima. (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Hasil perhitungan diperoleh F^^g = 5,328 dan Fsbei = 4,15. (3) gaya belajar field independent memberikan perbedaan hasil belajar biologi siswa yang pembelajarannya menggunakan metoda pembelajaran type Jigsaw dan type STAD. (4) gaya belajar fielddependent memberikan perbedaan hasil belajar biologi siswa yang pembelajarannya menggunakan metoda pembelajaran type Jigsaw dan type STAD. Dari pengujian hipotesis pertama maka hasil belajar biologi siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran metode kooperatif tipe STAD. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sebaiknya menggunakan model pembelajaran Jigsaw, hal ini karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw lebih baik dari model pembelajaran STAD.
Tidak tersedia versi lain