Text
Pengembangan lembar kerja siswa berorientasi keterampilan proses dalam pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Hasbullah
Universitas Muhammadiyah Metro Lampung aambio39@yahoo.com
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, dan Keterampilan Proses Sains (KPS).
Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan Lembar Kerja Siswa mengembangkan Lembar Kerja siswa yang berorientasi pada keterampilan proses, mendesain Lembar Kerja Siswa yang dapat, mengukur hasil belajar siswa, mendesain Lembar Kerja Siswa pada pokok bahasan Sistem Pencernaan Manusia. Bagi peserta didik, pembelajaran harus bergeser dari "diberi tahu" menjadi "aktif mencari tahu".
Spesifikasi produk yang di harapkan dalam penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Siswa yang berorientasi keterampilan proses sain yang memiliki prosedur yang benar, keterlaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan awal, inti dan kegiatan penutup. Keterbacaan Lembar siswa yang jelas dan orprasional tidak adanaya multi tafsir oleh siswa, dapat mengukur hasil belajar secara kognitif. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang umum dikenal Research & Development (R & D). Startegi untuk mengembangan suatu produk pendidikan oleh Borg& Gall (1930) disebut sebagai penelitian dan pengembangan. Valiadsi kontruk oleh ahli/pakar , yaitu lembar Validasi untuk ahli berupa penilaian ahli terhadap berbagai komponen dan materi yang terdapat dalam LKS dan Instrumen observasi Keterampilan Proses Sains.
Tidak tersedia versi lain