Text
Pengaruh jenis sumber belajar dan aktivitas keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Metro TP 2013/2014
ABSTRAK
Mariman. 2014. Pengaruh Jenis Sumber Belajar dan Aktivitas Keterampilan
Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Metro Tahun Pelajaran 20]3/20J4.Tes\s. Program Studi Magister Pendidikan Bioiogi, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbir,g:( 1) Prof. Dr. H. Karwor.o, M.Pd (2) Dr. Agus Sutanto, M.Si
Kata Kunci: Jenis Sumber Belajar, Aktivitas KPS, Hasil Belajar
Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk betajar dan menampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik. dan latar. Aktivitas belajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan perubahan pengetahuan-pengetahuan, nilai-nilai sikap, dan keterampilan pada siswa sebagai latihan yang dilaksanakan secara sengaja. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Rumusan masalah (l).Ada pengaruh jenis sumber belajar dan aktivitas keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas X .(2).Apakah terdapat pengaruh interaksi antara jenis sumber belajar dan aktivitas keterampilan proses sains terhadap hasi! belajar siswa . .(3).Apakah hasi! belajar siswa yang aktivitas keterampilan proses sains tinggi yang memanfaatkan jenis sumber belajar mn desain lebih baik daripada hasil belajar siswa yang memanfaatkan jenis sumber belajar desain di kelas X .(4).Apakah hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas keterampilan proses sains rendah yang memanfaatkan jenis sumber belajar non desain lebih baik daripada hasil belajar siswa yang memanfaatkan jenis sumber belajar desain. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Ingin mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan aktivitas keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa. (2). Ingin mengetahui pengaruh interaksi antara pemanfaatan sumber belajar dan aktivitas keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa. (3). Ingin mengetahui hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas keterampilan proses sans tinggi yang memanfaatkan sumber belajar non desain lebih baik daripada hasil belajar siswa yang memanfaatkan sumber belajar desain. (4). Ingin mengetahui hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas keterampilan proses sains rendah yang memanfaatkan sumber belajar non desain lebih baik daripada hasil belajar siswa yang memanfaatkan sumber belajar desain. Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial Adapun dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari dua kelas, dan masing-masing kelas memanfaatkan sumber belajar yang berlainan, yaitu untuk kelompok I menggunakan sumber belajar non desain. Kelompok II menggunakan sumber belajar desain. Populasi penelitian terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa kelas IPA kelas X sebanyak 122 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri 30 siswa yang memiliki aktivitas KPS inggi dan 30 siswa yang memiliki KPS rendah. Instrumen penilaian dengan tes tertulis dengan soaj pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1). Tenlapat pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan aktivitas keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa. (2). Terdapat pengaruh interaksi antara pemanfaatan sumber belajar dan aktivitas keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa. (3). Hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas keterampilan proses sains tinggi yang memanfaatkan sumber belajar non desain lebih baik daripada hasil belajar siswa yang memanfaatkan sumber belajar desain. (4). Hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas keterampilan proses sains rendah yang memanfaatkan sumber belajar non desain lebih baik daripada hasil belajar siswa yang memanfaatkan sumber belajar desain. Saran pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran, sehingga siswa mampu mengaktualisasikan kemampuannya di dalam dan di luar kelas.
Tidak tersedia versi lain