Text
Dasar-dasar perencanaan pendidikan
Tugas pokok perencanaan pendidikan adalah menentukan keadaan yang sebaik-baiknya dan hubungan-hubungan internal dan eksternal sistem pendidikan untuk mencapai keseimbangan yang sebaik-baiknya dalam keadaan yang berubah secara dinainis dan memengaruhi ke arah perubahan yang diinginkan. Dalam rangka pandangan ml, maka perencanaan pendidikan menjadi suatu keharusan bagi pembangunan bangsa dan negara.
Namun, apakah sebenarnya perencanaan pendidikan itu? Bagaimana cara kerjanya? Masalah apa saja yang meliputinya? Apakah perencanaan pendidikan dapat diterapkan di sembarang tempat atau hanya di tempat tertentu saja? Apa saja jenis-jenisnya dan pendekatan-pendekatan yang digunakan? Mengapa penlu dipelajani? Bagaimana masa depannya? Dapatkah perencanaan pendidikan yang berlaku saat ini mengatasi masalah besar yang tlmbul di kemudian han yang akan dihadapi oleh berbagai sistem pendidikan? Kalau tidak, dengan cara apa perencanaan itu diperkuat?, dan lain sebagainya.
Kehadiran buku ini dimaksudkan untuk membantu menjawab pertanyaanp ertanyaan tersebut di atas, meskipun pembaca tidak akan menemukan jawaban yang pasti dan meyakinkan atas pertanyaan tersebut, melainkan hanya sekadarjawaban sementara yang nantinya dapat diperbaiki.
Tidak tersedia versi lain