Text
Bimbingan Konseling di sekolah : konsep dasar dan landasan pelayanan
Bimbingan dan konseling di sekolah merupakan bentuk pelayanan pendidikan yang tersedia di pendidikan formal. Pelayanan ini pada hakikatnya merupakan bantuan dari konselor kepada seorang konseli untuk mengembangkan potensi dan memandirikan konseli dalam pengambilan keputusan serta pilihan guna mewujudkan kehidupan yang "wellness" pada dirinya.
Keberhasilan pelayanan bimbingan dan konseling sangat ditentukan oleh kualitas hubungan yang dibangun oleh konselor dan konseli ketika proses konseling berlangsung. Hubungan bantuan semacam itu terjadi dalam pertemuan antara konselor dan konseli melalui serangkaian wawancara yang unik. Bentuk dan coraknya serta kualitasnya diwarnai oleh dan bergantung pada karakeristik yang melekat pada diri keduanya. Dalam hubungan konseling itu perlu adanya keseimbangan dalam banyak hal. Misalnya, keseimbangan antara obyektivitas dan subyektivitas, unsur kognitif dan konatif, kesamar-samaran dan kejelasan, dan keseimbangan tanggungjawab.
Buku ini ditulis untuk membantu para pembaca, konselor pemula dan siapa saja yang sedang memahami makna kehadiran pelayanan bimbingan dan konseling pada latar pendidikan. Mudah-mudahan buku ini memberi kontribusi kepada mereka sehingga pemahaman mereka tentang makna konseling dapat meningkat. Pada gilirannya nanti, mereka diharapkan mampu menyelenggarakan pelayanan konseling secara efektif sehingga konseli terbantu dalam pengembangan aspek sosial-pribadi, akademis, dan kariemya.
Tidak tersedia versi lain