Text
Pengaruh parkir badan jalan terhadap kinerja ruas jalan (studi kasus Jalan Imam Bonjol Kota Metro)
ABSTRAK
ARIF SETYAWAN. 2015. Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Imam Bonjol Kota Metro). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing : I. Ir.Agus Surandono, M.T Pembimbing II. Ir. Ida Hadijah, M.T.
Kata Kunci: On Street Parking, Kapasitas, dan Derajat Kejenuhan Jalan.
Metro Pusat merupakan salah satu kecamatan di Kota Metro. Kajian dan penulisan ini adalah pada jalan imam bonjol yang merupakan jalur padat dan memiliki kegiatan on street parking.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai volume, kecepatan, tingkat derajat kejenuhan dan penurunan kinerja jalan akibat on street parking. Survey dilakukan selama 6 hari yaitu hari Minggu (28 Juni 2015), Senin (22 Juni 2015), Selasa (23 Juni 2015), Rabu (24 Juni 2015), Kamis (25 Juni 2015), Jumat ( 26 Juni 2015). Pengamatan dilakukan selama 12 Jam yaitu pukul 06.00 - 17.00 WIB. Perhitungan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997.
Penelitian yang dilakukan di jalan Imam Bonjol ini meliputi Survey Volume dengan Traffic Counting, yaitu mencacah semua jenis kendaraan yang melewati ruas jalan ini meliputi kendaraan berat, kendaraan ringan, sepeda motor dan tidak bermotor. Pengamatan parkir, yaitu mengamati dan mencatat jumlah kendaraan keluar masuk on street parking. Selain itu dilakukan juga survey spot speed, yaitu mengukur waktu yang diperlukan kendaraan untuk melewati dua titik yang sudah ditetapkan (100 meter), untuk mendapatkan kecepatan kendaraan.
Berdasarkan hasil analisis terhadap volume lalu lintas yaitu hari Minggu pukul 07.00 - 08.00 WIB, Tingkat pelayanan D(0,82) dan setelah dimulai parkir tingkat pelayanan E(0,92). Hari Senin pukul 07.00 - 08.00 WIB, tingkat pelayanan D(0,83) Dan setelah dimulai parkir tingkat pelayanan E(0,89). Hari Selasa pukul 07.00 - 08.00 WIB, Tingkat pelayanan D(0,79) dan setelah dimulai parkir tingkat pelayanan E(0,91). Hari Rabu pukul 07.00 - 08.00 WIB, tingkat pelayanan D(0,82) dan setelah dimulai parkir tingkat pelayanan E(0,91). Hari Kamis pukul 07.00 - 08.00 WIB, tingkat pelayanan D(0,83) dan setelah dimulai parkir E(0,94). Hari Jumat pukul 07.00 - 08.00 WIB, tingkat pelayanan D(0,83) dan setelah dimulai parkir E(0,92). Jadi dari hasil tersebut menunjukan bahwa kinerja jalan Imam Bonjol pada tahun 2015 adalah arus tidak stabil. Apabila nilai derajat kejenuhan sudah melampui 0,75 maka perlu dilakukan penanganan, karena angka tersebut menunjukan bahwa kinerja jalan mulai memburuk.
Tidak tersedia versi lain