Text
Pengaruh kehandalan, kesigapan dan kepuasan terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Natar Lampung Selatan
ABSTRAK
Aprian, Tedy. 2015. Pengaruh Kehandalan, Kesigapan dan Kepuasan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Natar Lampung Selatan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Manajemen. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dr. Suharto, S.E., M.M, Pembimbing (II) Yateno, S.E., M.M.
Kata Kunci: Kehandalan, Kesigapan, Kepuasan Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak.
Dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan pubtik, Kantor Pelayanan Pajak mempunyai tugas untuk melayani langsung kepada masyarakat yakni kepada wajib pajak yang mempunyai kewajiban kepada negara. Pelayanan baik yang dilakukan akan mendorong tingkat kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Masalah dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak saat ini dirasa masih rendah khususnya kepatuhan dalam meiaporkan Surat Pemberitahuan (SPT).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kehandalan, Kesigapan dan Kepuasan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Natar Lampung Selatan. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berdasarkan hasil analisa kuantitatif terhadap variabel penelitian yaitu Kehandalan, Kesigapan dan Kepuasan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dokumentasi dan observasi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur.
Hasil analisis dari seluruh variabel menunjukkan bahwa kehandalan dan kesigapan berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak dan pada analisis selanjutnya diketahui bahwa kehandalan, kesigapan dan kepuasan wajib pajak juga berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak atau dengan kata lain variasi naik turunnya kehandalan, kesigapan dan kepuasan wajib pajak berpengaruh pula terhadap naik turunnya kepatuhan wajib pajak.
Tidak tersedia versi lain