Text
Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Kartikatama Metro TP 2014/2015
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED
HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR
JMATEMATIKA SISWA KELAS VH
SMP KARTIKATAMA METRO
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DEFRIANA DWI LESTARI
Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro
ABSTRAK
Kata Kunci: Numbered Heads Together, konvensional., hasil belajar.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VIII SMP Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kartikatama Metro, dengan sampel siswa kelas VIIB dan VIIc dari populasi keseluruhan lima kelas yang penentuan kelasnya menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digimakan adalab seperangkat tes formatif berupa soal essai. Pengujian hipotesis menggunakan rumus ttes. Dari hasil pengujian hipotesis dengan rumus ttes dapat ditarik kesimpulan bahwa: Terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII semester genap SMP Kartikatama Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat diketahui dari perhitungan uji-t diperoleh tuning 2,536 > ttabei 2,002 dengan taraf signifikansi 5%.
Tidak tersedia versi lain