Text
Meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match siswa kelas VII.6 semester genap SMP Negeri 1 Pekalongan TP 2014/2015
MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE
LEARNING TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS VII
SEMESTER GENAP SMP N 1 PEKALONGAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Dwi Astuti
Abstrak
Kata Kunci: model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match, kreativitas belajar, hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 SMP Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengamati kreativitas siswa. Sedangkan tes digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar diperoleh melalui hasil tes pada setiap akhir siklus. Dari hasil tes siswa yang dinyatakan tuntas dengan KKM >75 pada siklus I sebesar 63,33% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Peningkatan setiap indikator pada siklus II telah memenuhi target yaitu >60%. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan kreativitas maupun hasil belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain