Text
Perbandingan hasil belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan tipe student team achievement division (STAD) siswa kelas VIII SMP Purnama Lampung Tengah TP 2014/2015
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT
(TGT) DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION
(STAD) SISWA KELAS VIII SMP PURNAMA LAMPUNG
TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ANGGI KURNIAWAN
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Metro.
e-mail: anggikurniawan507@yahoo.com ABSTRAK
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan STAD, Hasil Belajar
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD. (2) Untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe TGT dan tipe STAD. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen kedua. Alat pengumpul data berupa tes uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus Ttes diperoleh untuk uji persamaan dua rata-rata Wung = 4,5347, ttabd = 2,3095 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian thjtung> ttabei yang artinya hasil belajar matematika dengan pembelajaran yang menggunakan model TGT tidak sama dengan hasil belajar matematika dengan pembelajaran yang menggunakan model STAD. Untuk uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = 4,5347, ttabei = 2,3095 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian thitung > Wi yang artinya rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model TGT lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar menggunakan model STAD. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD).
Tidak tersedia versi lain