Text
Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA
SIGIT PRABOWO
Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro
E_mail: sigitthe46@yahoo.com
ABSTRAK
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, gaya belajar dan hasil belajar
Pembelajaran matematika umumnya didominasi oleh pengenalan rumus-rumus serta konsep-konsep secara verbal, tanpa ada perhatian yang cukup terhadap pemahaman siswa. Akibatnya hasil belajar masih cukup rendah, hal ini terjadi di SMP Negeri 4 Metro. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan suatu tipe pembelajaran yang terdiri beberapa anggota, untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Untuk lebih efektif pada tipe jigsaw maka didukung pula dengan cara belajar siswa yaitu dengan melihat gaya belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang dilakukan di SMP Negeri 4 Metro. Pada penelitian ini kelas VIIIH diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sedangkan kelas VIIIA dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan anava dua jalan.
Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika. Hasil anava dua di jalan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan data hasil belajar siswa diperoleh FMtung = 21,982 dan Ftabei = 4,079 Fhitung > Ftabet berarti terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Metro kelas VIII pada mated Bangun Ruang tahun pelajaran 2014/2015.
Tidak tersedia versi lain