Text
Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis kontekstual terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Surabaya TP 2014/2015
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TTPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASH. BELAJAR MATEMATTKA PADA MATERIARTTMATTKA SOSIAL KELAS VH SMP NEGERI1 SEPUTffl SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
M. RIZA ABDILLAH
Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro E mail: rizaabdilll@yahoo.co.id
ABSTRAK
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Kontekstual, hasil belajar
Pembejaran matematika umumnya didominasi oleh pengenalan riu; rumus serta konsep-konsep secara verbal, tanpa ada perhatian yang cukup terhadap pemahaman siswa. Akibatnya hasil belajar masih cukup rendah. Hal ini terjadi di SMP Negeri 1 Seputih Surabaya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Kontekstual . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Kontekstual terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Seputih Surabaya.
Penelitian ini adalah eksperimen semu yang dilakukan di SMP Negeri 1 Seputih Surabaya kelas VII semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini kelas VIIE diberi perlakuan dengan pembelajaran kontekstual, sedangkan kelas VIID dengan Ekspositori. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sedangkan analisis data menggunakan uji-t.
Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Share (TPS) Berbasis Kontekstual terhadap hasil belajar matematika. Hasil uji-t antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Kontekstual dengan data hasil belajar siswa diperoleh thit = 2,5546 . ttabd =2,2971 maka thit>
twbei berarti terdapat pengaruh antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Kontekstual dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Kontekstual terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Seputih Surabaya kelas VII pada mated Aritmatika Sosial tahun pelajaran 2014/2015
Tidak tersedia versi lain