Text
Eksperimentasi pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur pada materi Aritmatika Sosial TP 2014/2015
EKSPERIMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC
MATHEMATICS EDUCATION {WOE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA
PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
MARZUKI UTOMO
Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro
e-mail: Marzuki 54@yahoo.com
ABSTRAK
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), kemampuan awal, hasil
belajar.
Pembelajaran Matematika Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang memandang matematika sebagai suatu kegiatan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Pekalongan. (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil beiajar. (3) untuk mengetahui adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis Anova dua jalan diperoleh: pada hipotesis pertama Fhit = 4,424 danFm = 4,013 maka Ho ditolak berarti ada
perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada penggunaan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan pembelajaran konvensional. Hipotesis kedua Fhu = 9,290 dan Ftab = 3,162 maka Ho ditolak berarti ada pengaruh
kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar. Hipotesis ketiga Fhjl = 0,058 dan F,ab = 3,162 maka Ho diterima berarti tidak ada interaksi antara pendekatan
pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan kemampuan awal terhadap hasil belajar.
Tidak tersedia versi lain