Text
Konsep Pendidikan Islam tentang kemandirian anak dalam belajar
ABSTRAK
Pendidikan dalam Islam mengajarkan untuk mendidik anak secara mandiri. Kemandirian belajar yang dimaksud pada hakekatnya adalah kecenderungan anak untuk melaksanakan kegiatan belajar bebas dari pengendalian pihak luar, dengan kesadaran bahwa belajar adalah tugas dan tanggung jawabnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah konsep pendidikan Islam tentang kemandirian anak dalam belajar, untuk menambah pengetahuan penulis tentang metode yang ada di dalam konsep pendidikan Islam untuk mendidik kemandirian anak dalam belajar serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengeruhi kemandirian anak dalam belajar. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah menjadi masukan dan penambah ilmu pengetahuan orang tua untuk lebih memperhatikan kemandirian yang dimiliki oleh anak dalam belajar.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan riset kepustakaan atau kajian pustaka.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam konsep pendidikian Islam terdapat banyak konsep-konsep untuk mendidik kemandirian, dalam hal ini kemandirian anak dalam belajar, yaitu:
Pertama, Konsep Pendidikan Islam tentang Kemandirian Anak dalam Belajar meliputi a. Memahami karakter dan sifat anak, b. Pahami di tahap apa saat ini anak berada, c. Metode pendidikan, d. pola asuh orang tua,
Kedua, Ciri-ciri Kemandirian Anak dalam Belajar yakni : a. Mampu berfikir kritis, kreatif, dan Inovatif, b. Tidak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain, c. Tidak lari atau menghindar dari masalah, d. Memecahkan masalah dengan berfikir. yang mendalam, e. Apabila menjumpai masalah diselesaikan sendiri tanpa bantuan orang lain, f. Tidak merasa rendah diri bila berbeda pendapat dengan orang lain, g. Berusaha bekerja dengan penuh ketekunan dan disiplin, h. Bertanggung jawab atas tindakannya sendiri.
Ketiga, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak dalam Belajar, yaitu: a. Faktor Internal yaitu faktor dalam diri anak itu sendiri antara lain faktor, kematangan usia dan jenis kelamin serta intelligensinya, faktor iman dan taqwa merupakan faktor terbentuknya sikap mandiri; b. Faktor eksternal, Faktor dari luar yang mempengaruhi kemandirian anak adalah(a) faktor kebudayaan dan (b) pengaruh keluarga terhadap anak.
Tidak tersedia versi lain