Text
Korelasi model pembelajaran Pakem (Pendekatan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) dengan ketuntasan belajar mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Muhammadiyah Pancawarna Mesuji TP 2014/2015
ABSTRAK
KORELASI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM(PENDEKATAN
AKTIF,KREATIF,EFEKTIF,DANMENYENANGKAN)DENGAN
KETUNTASAN BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII
DI MTS MUHAMMADIYAH PANCAWARNA MESUJI
TAHUN PELAJARAN
1437 H/2015 M
Guru sebagai pendidik atau pengajar merupakan factor penentu kesuksesan setiap usaha pendidikan. Itulah sebabnya setiap perbincangan mengenai pembaruan kurikulum, pengadaan alat-alat belajar sampai pada criteria sumber daya manusia yang dihasilkan oleh usaha pendidikan, selalu bermuara pada guru. Hal ini menunjukkan betapa signifikan (berarti penting) posisi guru dalam dunia pendidikan
Sedangkan tujuan dari setiap proses pembelajaran adalah tercapainya prestasi yang memuaskan dan tercapainya ketuntasan belajar. SKBM adalah tingkat pencapaian kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa per mata pelajaran. adapun penentunnya melalui analisis ketuntasan belajar minimal setiap indikator dan menjadi kewenangan setiap guru. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mencapai Skbffi adalah model pembelajaran PAKEM. Dalam pelaksafiaan kurikulum berbasis kompetensi dikenalkan model pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yang secara umum, tujuan penerapan model pembelajaran ini adalah agar proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas dapat merangsang aktifitas dan kreatifitas belajar siswa serta dilaksanakan dengan efektif dan menyenangkan. Dari uraian diatas penulis ingin mengetahui adanya hubungan antara model pembelajaran pakem dengan ketuntasan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Mesuji
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil perhitungan t hitung = 11,508 lebih besar dari t tabel 2,000 dengan taraf kepercayaan 5%, hal ini juga dapat diartikan bahwa jika terdapat kemajuan penerapan model pembelajaran PAKEM 0,820 maka akan diikuti pula dengan ketuntasan belajar siswa sebesar itu juga.Dengan demikian ada korelasi model pembelajafan pakem dengan ketuntasan belajar mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs Muhammadiyah Pancawarna Mesuji
Tidak tersedia versi lain