t tabel yaitu 10,278 > 1,995. Maka demikian t hitung lebih besar dari pada t tabel. Sehingga memang benar ang signifikan antara dua variabel." />
Text
Studi korelasi antara pendidikan karakter dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Selatan TP 2015/2016
STUDIKORELASIANTARA PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN HASIL
BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI
SMK MUHAMMADIYAH 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
ABSTRAK
OLEH
AZIZUL ROIS
NPM. 11250052
Kata Kunci : Hasil Belajar PAI, Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter sangat penting diimplementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya disekolah untuk membentuk tingkah laku peserta didik yang kurang baik atau jelek menjadi tingkah laku yang baik dan mulia. Untuk mewujudkan akhlak yang baik dan mulia dalam diri siswa maka pendidikan karakter di sekolah perlu dikembangkan melalui integrasi pembelajaran dan budaya sekolah. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang hubungan pendidikan karakter dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah korelasi antara pendidikan karakteT dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitain kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI dengan jumlah 70 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan ■etode angket, tes, observasi, Interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan metoda statistik dengan rumus product moment.
Selanjutnya hasilnya diinterpretasikan ke dalam tabel interpretasi r product moment dan diambil kesimpulan bahwa terdapat korelasi antara pendidikan karakter dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI SMK Mirfi iniiiiiiiliyah 1 KaUrejo tahun pelajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan ■ifari koefisien korelasi/r hitung = 0,78 dikonsultasikan dengan tabel r Product Moment untuk nilai N = 70 baik taraf signifikan 5% = 0,235 atau 1% = 0,306 texnyata 0,2350,306. Sedangkan penentuan akan besarnya koefisien korelasi ri nilai r yang diinterpretasikan pada tabel interpretasi nilai r adalah antara 0,70
dengan 0,90 berarti antara pendidikan karakter (X) dengan hasil belajar Pendkfkan Agama Islam (Y) terdapat hubungan yang tinggi. Selanjutnya untuk lui apakah hubungan tersebut memang nyata atau cuma suatu kebetulan diariakan uji taraf nyata dengan hasil angka hitung sebesar 10,278 pada df (degrees of freedom = derajat bebas) dengan menggunakan rumus df = N - nr, »»^e^ df = 70 - 2 = 68. Bila dikonsultasikan pada "t tabel" pada taraf signifikan 5% adalah L995 jika dibandingkan t hitung > t tabel yaitu 10,278 > 1,995. Maka
demikian t hitung lebih besar dari pada t tabel. Sehingga memang benar ang signifikan antara dua variabel.
Tidak tersedia versi lain