X2tab pada taraf signifikansi 5% (0,480 > 0,361) Hipotesa Nihil (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh positif penggunaan media visual dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas ditolak dan Hipotesa Alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh positif penggunaan media visual dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di Madrasah Aliyah Al -Ikhlas diterima." />
Text
Efektifitas media visual dalam pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran FIqih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan TPM 2015/2016
"EFEKTIWTAS MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN
TERHADAP PENEVGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA
PELAJARAN FIQIH KELAS XIDI MADRASAH ALIYAH AL-IKHLAS
TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016".
ABSTRAK
Oleh:
IHWAN NUSSOFA
NPM.11250073
Kata Kunci : Media Pembelajaran Visual, Hasil Belajar Fiqih
Banyak cara bagi guru dalam mentrasnfer ilmunya kepada siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan media visual dalam kegiatan pembelajaran. Pemakaian media visual ini dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam belajar pada diri siswa dan bahkan dapat membawa pengaruh-pengaruh psikologis bagi siswa.
Dapat dipahami bahwa media pengajaran terutama media visual itu mempunyai fungsi yang sangat penting dalam meningkatkan efektifitas pelajaran dan menuntut kemajuan guru untuk menerapkan secara bertahap agar dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan pengaruh media visual terhadap prestasi belajar siswa secara teoritis dikemukakan oleh Amir hamzah Sulaiman bahwa "media pendidikan akan mampu meningkatkan efektivitas pengajaran antara 20 % sampai 50 % dari kemampuan sebelumnya"
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Dokumentasi, Metode Observasi, Metode Interview, dan Metode ankget. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Madrasah Aliyah yang terdiri dari 30 siswa Madrasah Aliyah Aliyah Al-Ikhlas Tanjung Bintang Tahun Pelajaran 2015-2016. Sedangkan dalam menganalisa data menggunakan analisa kuantitatif yakni analisis Chi Square (x2).
Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus Chi Kitadrat diperoleh hasil X2 = . jika nilai X\it dibandingkan dengan X2tab, maka diperoleh hasil bahwa nilai X2hit > X2tab pada taraf signifikansi 5% (0,480 > 0,361)
Hipotesa Nihil (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh positif penggunaan media visual dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas ditolak dan Hipotesa Alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh positif penggunaan media visual dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di Madrasah Aliyah Al -Ikhlas diterima.
Tidak tersedia versi lain