Text
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Trimurjo TP 2014/2015
ABSTRAK
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMA MUHAMMADIAYHITRIMURJO
Disusun Oleh: MARTIN KUSWATI
NPM: 11250062
Pembimbing I: Drs. Sarbini, M.Ag Pembimbing II: Kulyatun, M. Pd. I
Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Penanggulangan Kenakalan Siswa
Berbicara mengenai remaja, terutama yang berkaitan dengan masalah kenakalannya merupakan masalah dirasakan masalah sangat menarik untuk dibahas karena seorang remaja adalah bagian dari generasi muda yang merupakan aset nasional dan merupakan tumpukan tumpuan harapan bagi masa depan bangsa dan negara, serta agama, pendidikan sebagai suatu upaya/perbuatan yang diarahkan pada kemaslahatan dan kesejahteraan peserta didik dan masyarakat sudah berlangsung sejak dahulu dan tidak diragukan lagi eksistensinya. Siswa pada masa remaja biasnya dalam proses penyempurnaan penalaran berpikirnya selalu ingin mengekpresikan ide-idenya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang kenakalan siswa di sma muhammadiyah I Trimurjo, dan bagaimana cara menanggulangi kenakalan siswa di sma Muhammadiyah I Trimurjo, Lampung Tenggah, tahun2015
Metode yang peneliti lakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dalam pelaksanaan penelitiannya memang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskiripsi secara alamiah. Disamping itu dalam mengumpulkan data penulis mengunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi : orientasi, tahap pengumpulan data (lapangan), tahap pengumpulan data. Analisa data meliputi teknik analisis deskriptif kualitatif, sehingga hasil dari penelitian ini lebih banyak menghasilkan data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perlilaku yang diamati
Hasil penelitian adalah sebagai berikut:berdasarkan wawancara penulis dengan responden yang menjadi subyek peneliti dalam menanggulangi kenakalan siswa, dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: Bentuk kenakalan siswa di SMA MUHAMMADIYAH I Trimurjo, Tidak masuk sekolah tanpa izin, Pulang belum waktunya, Tidak mengikuti upacara, Di kantin waktu jam pelajaran, Berambut panjang bagi laki - laki /dicat, Ramai saat pelajaran berlangsung, Tidak mengerjakan tugas, Tidak mengikuti pelajaran
Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi masalah kenakalan siswa di SMA MUHAMMADIYAH I Trimurjo , Bersifat mencegah yaitu: Kegiatan Kegiatan Ramadhan, mentoring/ kajian Agama Islam. Bersifat Kuratif yaitu :Langkah penanganan secara umum berupa: Teguran dan nasehat dengan pendekatan keagamaan, Memberikan perhatian khusus secara wajar kepada siswa yang bermasalah, Melakukan kerjasama dengan orang tua siswa yang bermasalah dalam mengatasi kenakalan anaknya. Langkah penanganan secara khusus bagi siswa yang bermasalah dengan jalan melakukan pendekatan kasus perkasus secara individual.
Tidak tersedia versi lain