Text
Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Di SMK Muhammadiyah I Metro Tahim Pelajaran 2014/2015,
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas
Muhammadiyah Metro.
Lusia Setiowati
NBM 11250045 :
Kata kunci: efektifitas pembelajaran, pendekatan dalam manajemen kelas
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam yang kurang efektif, dan kurangnya minat belajar siswa dalam mempelajari pendidikan agama islam. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengefektifkan kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran PAL
Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah bagaimana implementasi manajemen kelasnya, bagaimanakah pendekatan yang dilakukan guru untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran dan apa faktor penghambat serta pendukungnya.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Penerapan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Untuk mengetahui Pendekatan yang dilakukan guru dalam mengefektifkan pembelajaran Pai, Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pai, dan diharapkan mampu memberikan pemahaman pada calon guru mengenai pentingnya manajemen kelas dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMK Muhammadiyah I Metro. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru pendidikan agama islam, dan siswa kelas X A2 SMK Muhammadiyah I Metro, pengumpulan data diiakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI sudah berjalan dengan efektif, akan tetapi belum maksimal.karena, dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa siswa bertingkah laku menyimpang dan hasil evaluasi pembelajaran
hnrtyu mencapai bains ketuntasan bolujor. (2) pendekatun yang diltikukttn
dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dilakukan dalam beberapa pendekatan yaitu pendekatan kekuasaan dan ancaman. Untuk pendekatan dalam manajemen kelas sepenuhnya dapat diterapkan oleh guru. (3) faktor penghambat dari siswa itu salah satunya siswa terkadang terlambat mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mengganggu teman yang lainnya, Selain itu kurangnya minat belajar siswa faktor pendukung itu seperti tersedianya ruang kelas yang bersih sehingga nyaman untuk ditempati ketika pembelajaran berlangsung dan fasilitas kelas yang lengkap.
Tidak tersedia versi lain