Text
Pelaksanaan pendidikan Islam pada anak usia pra sekolah di Desa Sukajadi Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2015
PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH
DIDESA SUKAJADIKECAMATAN BUMIRATU NUBAN
KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
TAHUN 2015
ABSTRAK
Oleh:
ARIN WIDIANA NPM. 11250014
Kata Kunci : Pendidikan Islam, Anak Usia Pra Sekolah
Dalam pandangan Islam, setiap anak yang dilahirkan dilengkapi dengan fitrah Allah, berupa potensi dasar yang dapat diisi dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal anak menjalani kehidupan di masa mendatang. Usia pra sekolah bagi anak merupakan tahapan yang pentiang bagi perkembangan pendidikan pada fase berikutnya. Masalah yang sering dihadapi oleh orang tua maupun pendidik yang berkecimpung dalam pendidikan anak usia pra sekolah adalah adanya kesulitan memilih suatu sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan karakteristik dan kepribadian anak nsia pra sekolah.
Permasalahan di atas disebabkan karena tingkah laku dan kepribadian anak didik usia pra sekolah selalu berubah-ubah, sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelitian guru dalam memilih suatu pendeketan belajar. Selain itu tidak jarang pula orang tua yang kurang peduli dengan pendidikan agama anak, karena lebih mementingkan pendidikan umum.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tanggung jawab orang tua dalam pelaksanaan pendidkan Islam pada anak usia pra sekolah di Desa Sukajadi, dan untuk mengetahui bagaimana metode yang digunakan dalam pendidikan Islam pada anak usia pra sekolah di Desa Sukajadi, Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan enam subyek penelitian, yaitu: dua orang tua, dua pendidik agama Islam (ustadz/ustadzah), dan dua anak usia pra sekolah. Proses pengambilan data dilakukan sejak bulan Maret 2015 sampai April 2015, dengan wawancara setruktur, observasi partisipan, dan metode dokumentasi, yang dilakukan secara berkala, fokus masalah dan berkesinambungan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Berdasarkan wawancara penulis dengan 6 responden yang menjadi subyek penelitian orang tua yang memiliki anak usia pra sekolah di Desa Sukajadi berusaha memberikan pendidikan agama islam pada anaknya dengan baik, menyekolahkannya di Lembaga pendidikan formal sekolah maupun di Lembaga pendidikan non-formal seperti TPA, Mushalla, pondok pesantren dan sebagainya. Secara alamiah pelaksanaan pendidikan anak usia pra sekolah di Desa Sukajadi telah menerapkan metode Amsal Qurani Nabawi, metode keteladanan dan pembiasaan. Hanya saja penerapan metode tersebut perlu ditunjang dengan sarana yang dapat meningkatkan keberhasilan pendidikan anak, berupa buku-buku tentang kisah para Nabi, alat-alat peraga untuk latihan dan praktik.
Tidak tersedia versi lain