Text
Konep Pendidikan Islam menurut pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor
ABSTRAK
Konsep Pendidikan Islam Menurut Pendiri
Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor
Oleh: Sri Wantini
NPM: 11250025
Di bawah bimbingan : 1. Dr. M. Ihsan Dacholfany, M.Ed.
: 2. Drs. M. Ali Syufa'at, M. Kom. I.
Kata Kunci : Konsep Pendidikan Islam, Pondok Pesantren Darussalam Gontor
Pondok pesantren sebagai bentuk institusi pendidikan tertua di Indonesia telah mengalami kemajuan yang ditandai dengan adanya pembaharuan dalam pemikiran pendidikannya. Hal ini terlihat jelas dalam sistem pendidikan di Pondok Modern Darussaiam Gontor yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur yang didirikan oleh tiga bersaudara yaitu K.H. Ahmad Sahal, K.H. Zainuddin Fananie, dan K.H. Imam Zarkasyi, yang kemudian biasa dikenal dengan trimurti.
Skripsi ini membahas tentang konsep pendidikan Islam menurut pendiri Pondok Modern Darussaiam Gontor. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah, untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pendiri Pondok Modern Darussaiam Gontor (K.H. Ahmad Sahal, K.H. Zainuddin Fananie, dan K.H. Imam Zarkasyi), serta implementasinya terhadap pembangunan dan pembaharuan pendidikan di Pondok Modern Darussaiam Gontor tersebut.
Mengingat penelitian ini adalah studi tokoh, dan termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research), maka metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah mengumpulkan data-data dari sumber-sumber yang berupa buku-buku yang ada relevansinya dengan permasalahan. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptifanalitis.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa para pendiri Pondok Modern Darussaiam Gontor ini melakukan pembaharuan dalam konsep pendidikan di Pondok Modern Darussaiam Gontor, diantaranya dalam bidang tujuan pendidikan, materi dan kurikulum pendidikan, metode pendidikan, seta manajemen kelembagaannya. Menurut mereka, tujuan pendidikan mesti ditekankan pada tercapainya keseimbangan hidup yang bahagia dunia dan akhirat. Tujuan ini dapat dicapai dengan pemberian materi dan kurikulum pendidikan yang seimbang antara ilmu umum dan ilmu agama, serta didukung oleh kemampuan penguasaan bahasa Arab dan Inggris. Sedangkan dalam bidang manajemen kelembagaannya, Pondok Modern Darussaiam Gontor merupakan lembaga pendidikan yang kepemimpinannya ditentukan secara kelembagaan melalui badan wakaf sebagai badan tertinggi dalam pondok Modern Darussaiam Gontor.
Tidak tersedia versi lain