Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar PAI kelas VIII semester genap di SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo TP 2014/2015
ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL
THROWING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAIKELAS VHI
SEMESTER GENAP DISMP MUHAMMADIYAH 1 TRIMURJO
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Sri Ardila
NPM 11250065
Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe snowball throwing dan Hasil Belajar PAI
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe snowball throwing terhadap peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas VIE semester genap SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo tahun pelajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VIE SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo yang berjumlah 53 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa.
Penelitian ini menggunakan desain True Eksperemental Desiga Karena dalam desain ini, peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Dimana terdapat satu kelompok eksperimen yang di pilih secara cluster random sampling sehingga didapat kelompok eksperimen pada kelas VHIA yang berjumlah 29 siswa dan kelas VHIB sebagia kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Kelompok tersebut diberi pre- test dan post- test untuk mengukur variabel dependen yang kemudian diberi sebuah treatment dengan menggunakan model cooperative learning tipe snowball throwing sebagai independen dan selanjutnya diberi post test untuk melihat hasil dari treatmen yang telah dilaksanakan sehingga dapat diketahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif penggunaan Model snowball throwing terhadap peningkatan hasil belajar PAI kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Bentuk instrument dalam penelitian ini adalah seperangkat Observasi, Dokumentasi, dan tes, bentuk tes soal pilihan ganda dengan alternatif 4 option jawaban dengan jumlah masing-masing bentuk soal sebanyak 30 butir soal tes yang diberikan pada kelompok eksperimen yang belum diberikan treatment dan kelompok yang sudah diberikan kelompok eksperimen dengan 2 variabel bebas dan terikat.
Setelah dianalisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VID SMP Muhammadiyah 1 Trimurjo. Siswa yang dinyatakan tuntas dengan KKM > 75 setelah treatment sebanyak 22 siswa atau sebesar 88,75% dan siswa yang dinyatakan belum tuntas sebanyak 7 siswa atau sebesar 34,38% Sedangkan hasil dari analisis kelas kontrol dalam hasil data post-test sebesar 79,73% sebanyak 19 siswa dan 20,27% sebanyak 5 siswa oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru sebaiknya menerapkan model cooperative learning tipe snowball throwing dalam pembelajaran yang diselenggarakannya walaupun' mungkin sedikit kadang terdapat suasana kelas yang tidak konduksif.
Tidak tersedia versi lain