Text
Pengaruh medel pembelajaran cooperative tipe cup cluster method terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur TP 2014/2015
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CUP CLUSTER
METHOD TERHADAP HASIL BEL AJAR PADA MATA PELA JARAN
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MADRASAH ALIYAH
MUHAMMADIYAH PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Oleh: CICI AYU NOVTTASARI
Kata Kunci : Pembelajaran Cooperative Tipe Cup Cluster Method, Sejarah Pemikiran Islam
Skripsi ini membahas tentang pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Cup Cluster Method pada siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Purbolinggo kelas X.2 dengan permasalahan apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Cup Cluster Method terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Cup Cluster Method terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (Ha) yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Tipe Cup Cluster Method terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X Madrasah Aliyah Muhamrnadiyah Purbolinggo Lampung Timur .
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan penelitian yang bersifat Quasi-Eksperiment. Pengumpulan data menggunakan instrument tes din observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.2 dan X.4. kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling atau teknik sampling bertujuan. Karena penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen maka teknik analisis drtanya menggunakan uji T-Test, sebelum menganalisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas terhadap data sampel.
Setelah mendapat data dari kedua variable tersebut dengan analisis diperoleh pada taraf signifikan 5% thumg sebesar 7,79 dengan ttabei sebesar 1,70. Dan pada taraf signifikan 1% thitmg sebesar 7,79 dengan t,abei 2,47. Dengan hasil tersebut hipotesis berbunyi adanya pengaruh yang positif terhadap model Cooperative Tipe Cup Cluster Method terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas X.2 MA Muhammadiyah Purbolinggo. ltu berarti hipotesisnya diterima.
Tidak tersedia versi lain