Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) terhadap minat dan hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Persada Bandar Lampung TP 2014/2015
ABSTRAK
Hidayah, Nur. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Drs. Partono, M.Pd., Pembimbing: (2) Dr. H. Nyoto Suseno, M.Si.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Minat Belajar, Hasil Belajar Fisika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap minat belajar dan hasil belajar, serta faktor-faktor yang menyebabkan model pembelajaran tipe course review horay berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Persada Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian karena hanya berjumlah dua kelas yaitu kelas X IPA! sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe CRH, sedangkan kelas kontrol dengan metode yang biasa diterapkan di sekolah. Metode pengambilan data dalam penelitian yaitu mengunakan angket, tes, dan observasi. Sebelum penelitian, dilakukan uji keseimbangan untuk membuktikan bahwa kedua kelas mempunyai kemampuan awal yang sama dimulai dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dimulai dari uji normalitas, uji homogenitas, lalu dilanjut dengan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji t. Sedangkan analisis data kualitatif dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata minat belajar kelas kontrol dengan rata-rata minat belajar kelas eksperimen 51,35 sedangkan kelas kontrol 47,30. Selain itu, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 69,65 sedangkan kelas kontrol 59,69. Faktor yang menyebabkan model pembelajaran kooperatif tipe CRH berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar fisika yaitu adanya rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang diajarkan, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan komunikasi yang baik, dan ketertarikan siswa dalam diskusi kelompok. Saran bagi guru, siswa maupun sekolah hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay guna untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik.
Tidak tersedia versi lain