Text
Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
-
Rohmana, Siska. 2015. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universiias Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dr. Nyoto Suseno, M.Si., (2) Dra. Hj. HRA. Mulyani, M.TA.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif dan Gaya Belajan
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pembelajaran. Ada dua buah konsep kependidikan yang berkaitan satu sama lainnya, yaitu beiajar {learning) dan pembelajaran {instruction). Belajar tidak semata-mata sebagai salah satu upaya dalam merespon suatu rangsangan, tetapi lebih dari itu belajar dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti: mendengar, melihat, mengalami, mengerjakan dan memahami apa yang dipelajari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: kemampuan berpikir kreatif siswa, gaya belajar siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vila SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 204/2015. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui gaya belajar siswa, metode tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatatif dan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu5 tabulasi, reduksi data dan penyajian/deskripsi datai
Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas Vita SMP Negeri 2 Metro yaitu kemampuan berpikir kreatif sedang (58%), tinggi (21%) dan rendah (21%). Gaya beiajar siswa di dominasi oleh gaya beajar Visual (73%), auditorial (24%) dan Kinestetik (3%). Gaya belajar yang berpotensi memperoleh kemampuan berpikir kreatif tinggi adalah kinestetik dengan rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif 80, auditorial 69 dan visual 66.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan informasi kepada pihak yang terkait yaitu sekolah, guru maupun siswa, sehingga dapat mengembangkan potensi kemampuan berpikir kreatif siswa sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa.
Tidak tersedia versi lain