Text
Pengaruh penggunaan pendekatan inquiry terhadap kemampuan psikomotorik ditinjau dari kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Raman Utara TP 2015/2016
ABSTRAK
Setiawati, Reni. 2015. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Inquiry Terhada} Kemampuan Psikomotorik Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X IP A SMA Negeri 1 Raman Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan MffA Program Studi Pendidikan Fisika, FKD Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Drs. Partono, M.Pd Pembimbing (2) Dr. H. Nyoto Suseno, M-Si.
Kata kunci: Pendekatan Inquiry, Kemampuan Kognitif dan Kemampuai Psikomotorik.
Pendekatan inquiry adalah pendekatan pembelajaran yang mengarahkan sisw: untuk aktif secara mental dan fisik dalam mengaktualisasikan diri selama kegiata pembelajaran. Siswa lebib banyak raelakukan kegiatan sendiri sehragga sisws ditempatkan sebagai subyek belajar. Kemampuan kognitif siswa dalam memaham keterkaitan tersebut diasumsikan mempengaruhi kemampuan psikomotorik Pembelajaran akan menjadi lebih baik bila tingkat kemampuan kognitif dai kemampuan psikomotorik siswa dipahami dengan baik oleh guru. Tujuan penelitiaj ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kemampuan kognitif siswa dengai menggunakan pendekatan inquiry terhadap kemampuan psikomotorik.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitiai ini adalah seluruh siswa kelas XI EPA SMA Negeri 1 Raman Utara. Sampel dalan penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 23 siswa. Instrumei pengumpul data yang digunakan berupa lembar tes dan lembar observasL Teknil analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus Anava dua jalur Berdasarkan hasil uji analisis uji hipotesis dengan menggunakan Anava dua jalu diketahui bahwa 1) Terdapat pengaruh penggunaan pendekatan pcmbelajarai terhadap kemampuan psikomotorik (Fhit= 9,87 > Ftab= 4,07 dan F^ 9,87 > Ftab=7,2' dengan a= 5% dan 1%). 2) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran terhada] i-kemampuan psikomotorik ditinjau dari kemampuan kognitif. (Fhh= 11,37 > Ftab= 3,31 ^ Fhit= 11,37 > Ftab= 5,15 dengan a— 5% dan 1%). Berdasarkan uji tukey dapa diketahui bahwa pendekatan inquiry memeliki pengaruh yang paling signifikai -terhadap kemampuan psikomotorik pada siswa dengan kemampuan kognitif tingg (QAIBI-A2B2 = 4,25 > 3,03 dengan taraf signifikansi 5%). 3) Tidak terdapat pengarul izteraksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan kognitif terhada] kemampuan psikomotorik (Fhit= 7,65 > Ftatr= 332 dan Fhit= 7,65 > Ftab = 5,15 dengar a= 5% dan 1%). Saran bagi guru, diharapkan pendekatan inquiry dapat diterapkai dalam pembelajaran yang sebelumnya meninjau kemampuan kognitif untul memperbaiki kemamampuan psikomotorik.
Tidak tersedia versi lain