Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaraan cooperative learning tipe teams assisted individualization (TAI) terhadap minat dan hasil belajar IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Tengah TP 2014/2015
PENGARUII PENCCUNAAN MODEL PEMBELA.IARAN COOPERATIVE
LEARNING TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)
TERHADAP MINAT DAN ITASIL BELAJAR IPA SISWA
KELAS VIII SMP NEGERI 3 TULANG BAWANG TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ANIS MEGAWATI
Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Umu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro.
E-mail: anismegal2@gmail.com
ABSTRAK
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe 1\ Assisted Jndividnalizalion (TAI), Minat Belajar, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk m^ngetahui pengaruh penggunaan m pembelajaran cooperative learning tipe TAI terhadap minat dan hasil be! serta faktor-faktor yang menyebabkan model pembelajaran cooperative lear tipe TAI berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar. Populasi dalam penel ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Ter Pcngambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehi terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai 1 kontrol. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan n pembelajaran cooperative learning tipe TAI, sedangkan kelas kontrol de metode yang biasa diterapkan di sekolah. Metode pengambilan data d penelitian ini yaitu menggunakan angket, tes dan observasi. Analisis kuantitatif dimulai dari uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, dilpjijut dengan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji t. Sedangkan an data kualiitatif dilakukan dengan verifikasi, reduksi data, penyajian data kesimpulan.
Hasil penelitian mcnunjiikkan bahwa terdapat perbedaan minat dan belajar siswa antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan analisis uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 4,5011 dan t^r dengan rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen 50,042 sedangkan kontrol 37,458. Perhitungan hasil analisis uji-t pada taraf signifikansi diperoleh truing 2,1931 dan t^fiar 1,68 dengan rata-rata hasil belajar siswa eksperimen 71,375 sedangkan kelas kontrol 62,583. Faktor yang menyebi model pembelajaran cooperative learning tipe TAI berpengaruh terhadap i dan hasil belajar fisika yaitu berdiskusi dengan teman dan saling bekerjs dalam memahami materi, siswa terlihat aktif dalam berdiskusi dan te komunikasi yang baik antar teman, adanya keberanian dan rasa percaya diri dalam mengeluarkan pendapat.
Tidak tersedia versi lain