Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran children learning in science(CLIS) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Metro TP 2015/2016
ABSTRAK
Setiawati, Indah. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Children Learning In Scince (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Metro Tahun Ajar an 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Drs. Partono, M.Pd. (2) Dedy ! Hidayatullah A., M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Model pembelajaran CLIS, Hasil Belajar Fisika.
Fisika merupakan materi pelajaran yang membutuhkan kemampuan penalaran, sehingga belajar dalam fisika lebih dituntut dalam kemampuan ilustrasi yang bersifat abstrak. Pemahaman materi sains bukan semata-mata menghafal namun membutuhkan percobaan-percobaan. Untuk itu, perlu dicari pola pengajaran sains yang menarik perhatian siswa dan mempermudah penalaran siswa untuk mempelajari sains. Pemberian fakta langsung kepada siswa sangat diperlukan untuk menunjang hal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan model CLIS terhadap hasil belajar fisika. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII, pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel di mana dilakukan pengundian terhadap sejumlah kelompok yaitu kelas VIIA, VIIB, dan VIIc. Kelas VIIc sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Scince) sedangkan kelas kontrol dengan metode yang diterapkan di sekolah. Untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis berupa uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar fisika ranah kognitif siswa didapat taraf signifikasi 5% Xdaftar sebesar 1,68 dan thuung 2,42 sehingga thit > t daftar- Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran peneliti bagi guru, hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Scince) guna mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.
Tidak tersedia versi lain