Text
Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Punggur Lampungh Tengah TP 2014/2015
UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI1 PUNGGUR LAMPUNG
TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015
OLEH:
EMA WIDAYANTI
/ NPM. 09130488
Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Abstrak:
Kata Kund: Upaya gtiru bimbingan dan konseling, meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini difokiiskan pada permasalahan: 1. Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalain meningkatkan prestasi belajar siswa, 2. Jenis layanan yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar siswa, 3. Kerjasama dengan pihak lain untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, 4. Hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 5. Hasil yang dicapai atas usaha yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa Tujuan dari penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 2. Untuk mengetahui jenis layanan yang digunakan guru bimbingan dan konseling daiam meningkatkan hasil belajar siswa, 3. Untuk mengetahui kerjasama dengan pihak lain untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, 4. Untuk mengetahui hambatan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 5. Untuk mengelahui hasil yang dicapai atas usaha yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2014/2015 tentang upaya guru birnbiingan dan konseling daiam meningkatkan prestasi belajar siswa Subyek yang digunakan adalah guru Bk SMP Negeri 1 Punggur. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi sebagai alat pengumpul data Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan (verifikasi). Pengujian kredibilitas data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan cara triangulasi dengan metode.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu denga memberikan materi layanan dan mengadakan jam tambahan. Jenis layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu seperti layanan inforrnasi. layanan konseling individu, layanan konseling kelompok, dan layanan penguasaan konten. Kerjasama antara guru bimbingan dan konseling dalani meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pihaklain cukup baik, sehingga dapat berjalan dengan rhaksimal. Hambatan dalam menangani peningkatan prestasi belajar siswa Gum bimbingan dan konseling menemui beberapa hambatan seperti situasi dan kondisi. Hasil yang dicapai oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sudah maksimal siswa sudah mencapai nilai KKM.
Tidak tersedia versi lain