Text
Pelaksanaan konseling individu dalam pengentasan masalah penyesuaian diri peserta didik SMA Negeri 4 Metro Lampung TP 2014/2015
PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DALAM PENGENTASAN
MASALAH PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4
METRO LAMPUNG TAHUN PELAJARN 2014/2015
IMAM FURQONI
NPM. 11130080 Program Studi Bimbingan dan Konseling
Kata Kunci: Penyebab Penyesuaian Diri, Pelaksanaan Guru Bimbingan dan Konseling
Penelitian ini difokuskan pada (1) apakah yang menjadi penyebab masalah penyesuaian diri peserta didik (2) bagaimanakah proses pelaksanaan konseling individu yang dilaksanakan guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 4 Metro Lampung Pelajaran 2014/2015 dalam mengentaskan masalah penyesuaian diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penyebab masalah penyesuaian diri peserta didik (2) untuk mengetahui proses pelaksanaan konseling individu yang dilaksanakan guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 4 Metro Lampung Pelajaran 2014/2015 dalam mengentaskan masalah penyesuaian diri peserta didik.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Metro Lampung 2015. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai aht pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, dan Conclusing Drawing/Verification. Pengujian keabsahan data yang diperoleh pada penelitian ini dengan cara triangulasi yaitu membandingkan data hasil wawancara dengan isi dokumen penelitian.
Pengentasan masalah penyesuaian diri peserta didik SMA Negeri 4 Metro Lampung. guru bimbingaan dan konseling mengunakan layanan konseling individu. guna membantu peserta didik dalam mengentaskan permasalahan khususnya permasalahan pada penyesuaian diri, layanan tersebut bertujuan untuk dapat membantu peserta didik untuk berani berkomunikasi dan mampu menghadapi masalahnya dengan segala akibat-akibatnya. Setelah pelaksanaan layanan konseling individu diberikan kepada peserta didik yang mengalami masalah penyesuaian diri, guru bimbingan dan konseling melakukan evaluasi atau tindak lanjut dengan meninjau ulang penanganan bantuan, jika belum efektif guru bimbingan dan konseling akan melaksanakan konseling untuk sesi selanjutnya atau kunjungan rumah. Guru bimbingan dan konseling akan melakukan alih tangan kasus jika permasalahan kesulitan belajar di luar keahlian guru bimbingan dan konseling, seperti gangguan psikologis yang parah atau kesehatan yang menjadi penyebabnya.
Tidak tersedia versi lain