Text
Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan persepsi positif peserta didik terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur TP 2015/2016
ABSTRAK
Saputri, Diyah Handayani. 2015. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Persepsi Positif Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd., Pembimbing (II) Dra. Hj. Nurul Atieka, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Positif Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling, Upaya Guru Bimbingan dan Konseling.
Penelitian ini difokuskan pada (1) Bagaimanakah upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan persepsi positif peserta didik terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Purbolinggo, (2) Bagaimanakah persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Purbolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan persepsi positif peserta didik terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Purbolinggo, (2) Untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Purbolinggo.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru Bimbingan dan Konseling dan 2 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data, dan Conclusing Drawing/Verification. Pengujian keabsahan data yang diperoleh pada penelitian ini dengan cara triangulasi sumber.
Upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan persepsi positif peserta didik terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Purbolinggo ditempuh dengan cara, melaksanakan aplikasi instrumentasi dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik, hasil aplikasi istrumentasi direkapitulasi dan disusun menjadi daftar kebutuhan peserta didik. Selanjutnya guru Bimbingan dan Konseling menyusun program berdasarkan hasil aplikasi instrumentasi. Guru Bimbingan dan Konseling melaksanakan program melalui berbagai jenis layanan bimbingan dan konseling. Pelaksanaan bimbingan dan konseling dilakukan menggunakan metode/teknik menarik dan menyenangkan, serta ditunjang oleh media yang bervariasi. Upaya yang telah dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling berjalan efektif, karena adanya keijasama antar personil Bimbingan dan Konseling, sehingga menjadikan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling semakin baik dan positif. Hal ini diwujudkan ketika mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling, peserta didik dapat menerima apa yang disampaikan oleh guru BK dengan baik, memberikan respon yang baik, antusias, dan selflu merasa senang mengikuti kegiatan tersebut.
Tidak tersedia versi lain