Text
Penanganan perilaku membolos peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah 2 Metro TP 2013/2014
ABSTRAK
Alfiyanah. 2015. Penanganan Perilaku Membolos Peserta Didik Oleh Guru
Bimbingan Dan Konseling Di Smk Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, program studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Drs. H. Hadi Rahmat, M.A., Pembimbing (II) Dra. H. Nurul Atieka, M.Pd.
Kata Kunci: perilaku membolos, Guru Bimbingan dan Konseling
Penelitian ini difokuskan pada penanganan perilaku membolos peserta didik oleh guru Bimbingan dan Konseling di SMK Muhammadiyah 2 Metro. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penanganan perilaku membolos peserta didik oleh guru Bimbingan dan Konseling di SMK Muhammadiyah 2 Metro? (2) apa hambatan yang dialami guru Bimbingan dan Konseling dalam penanganan perilaku membolos peserta didik oleh guru Bimbingan dan Konseling di SMK Muhammadiyah 2 Metro?.
Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Metro tahun pelajaran 2013/2014 tentang penanganan perilaku membolos peserta didik oleh guru Bimbingan dan Konseling. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi serta dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data dan penyajian data. Pengujian keabsahan data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan cara triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penanganan perilaku membolos peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling adalah dengan cara mengidentifikasi masalah membolos, mendiagnosis masalah membolos, memprognosis masalah membolos, memberikan treatment bagi peserta didik yang membolos, mengevaluasi treatment yang telah diberikan pada peserta didik yang membolos dan memberikan tindak lanjut dari hasil evaluasi.
Tidak tersedia versi lain