Text
Analisis kesulitan penguasaan konsep aljabar siswa kelas VIII C SMP Budi Pratama Sungai Menang Ogan Komering Ilir TP 2014/2015
ABSTRAK
SajilL, Edwin. 2015. Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Aljabar Siswa Kelas VIIICSMP Budi Pratama Sungai Menang Ogan Komering Ilir Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. (2) Swaditya Rizki, M.Sc.
Kata Kunci: Kesulitan penguasaan konsep, aljabar.
Dalam ilmu matematika, Aljabar merupakan suatu konsep dasar, sebingga siswa akan kesulitan menguasai konsep materi selanjutnya bila siswa belum menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tahap operasi matematika yang menjadi kesulitan penguasaan konsep bagi kebanyakan siswa. (2) Tahap operasi matematika yang menjadi kesulitan penguasaan konsep bagi kebanyakan siswa di setiap indikator kompetensi aljabar. (3) Indikator kompetensi aljabar yang menjadi kesulitan penguasaan konsep bagi kebanyakan siswa (4) Indikator penguasaan konsep yang menjadi kesulitan bagi kebanyakan siswa.
Penelitian dilaksanakan di Kelas VIII SMP Budi Pratama Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini diambil dari kelas yang memiliki tingkat ketuntasan terkecil yaitu kelas VIII0 dengan jumlah 29 siswa. Prosedur pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Soal tes yang diberikan sebanyak 5 soal essai yang telah divalidasi dan dihitung tingkat kesukaran, daya beda serta reliabilitasnya. Hasil tes dipaparkan dan dianalisis dari tiap-tiap tahapan penyelesaian soal siswa kemudian dikuatkan dengan hasil wawancara.
Berdasarkan fokus penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Kesulitan penguasaan konsep aljabar yang paling banyak dialami siswa yaitu pada tahap operasi memfaktorkan sebesar 72,41%. (2) Pada indikator operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, siswa banyak mengalami kesulitan pada tahap menentukan bentuk operasi yakni sebesar 55,17%. Pada indikator operasi perkalian, bagi dan pangkat bentuk aljabar, siswa banyak mengalami kesulitan pada tahap menentukan faktor sekutu yakni sebesar 68,97%. Pada indikator faktor-faktor suku aljabar, siswa banyak mengalami kesulitan pada tahap memfaktorkan yakni sebesar 44,83%. Sedangkan pada indikator operasi pecahan bentuk aljabar, siswa banyak mengalami kesulitan pada tahap memfaktorkan yakni sebesar 72,41%. (3) Kesulitan penguasaan konsep pada kompetensi aljabar yang paling banyak dialami siswa terjadi pada indikator menyelesaikan operasi pecahan bentuk aljabar yakni sebesar 68,97%. (4) Indikator penguasaan konsep yang paling banyak dialami kesulitan oleh siswa yaitu indikator mampu memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep yakni sebesar 67,59%. Secara umum dapat diketahui bahwa kesulitan penguasaan konsep aljabar siswa kelas VIII0 SMP Budi Pratama Kec. Sungai Menang, OKI Tahun Pelajarari 2014/2015 sebesar 50,71%.
Tidak tersedia versi lain