Text
Pengaruh penggunaan metode quantum learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap SMP N 7 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Supratmanto, Pendri. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd., (II) Swaditya Rizki, M.Sc.
Kata Kunci: Quantum Learning, Hasil Belajar
Matematika adalah salah satu ilmu dasar yang memiliki disiplin ilmu dengan banyak bidang-bidang ilmu lainnya. Namun matematika memiliki karakteristik yaitu memunyai objek yang bersifat abstrak. Berdasarkan hasii pra-survey yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaraft 2014/2015, telah ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam kategori rendah, Oleh karena itu, diperlukan upaya guru untuk memilih pendekatan pembelajaran yang tepat untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Salah satu pembelajaran yang tepat adalah dengan menggunakan Metode Quantum learning (QL).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Quantum Learning dengan metode kovensional terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk kategori Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Metro yang berjumlah 187 siswa. Sementara itu sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data penelitian meliputi uji normalitas dan homogenitas serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan Uji t dua pihak diperoleh tuning = 2,6483 dan ttabei = 2,0076 (thitung > Wi), maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan metode Quantum Learning dengan metode konvensional Berdasarkan kesimpulan tersebut maka dilanjutkan dengan uji t pihak kanan dan diperoleh bahwa belajar siswa pada pembelajaran dengan metode Quantum Learning lebih tinggi dari pembelajaran dengan metode konvensional.
Tidak tersedia versi lain